Kamis, 19 November 2009

FAKTA TENTANG SI SURIP

Ternyata Mbah Surip ini adalah orang pinter lho. Dia adalah Insinyur Kimia dari Universitas Sunan Giri Surabaya, lalu belajar S2 filsafat dan mendapat gelar MBA. Selain itu dia juga mempelajari ilmu Geologi.

Selepas kuliah, lalu dia bekerja di berbagai bidang, seperti di bidang kelistrikan, bangunan, pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lain-lain. Bahkan dia pernah bekerja di luar negeri seperti Kanada, Yordania dan Amerika. Di Amerika itulah pada tahun 1983 dia menciptakan lagu 'Tak Gendong' yang sekarang ngetop.

Pulang dari kerja diluar negeri, Mbah Surip banting stir kebidang seni. Dia hijrah ke Jakarta dan sempat jadi pengamen di Blok M dan bergabung dalam berbagai komunitas seniman. Disitulah dia akhirnya mendapat rezeki untuk rekaman.

Mbah Surip bukan penyanyi kemarin, bukan penyanyi instant yang baru bikin beberapa lagu, punya modal duit untuk promo, masuk TV dan langsung ngetop. Perjalanan profesionalnya dalam bermusik dimulai sejak tahun 1997 dengan album rekaman pertama berjudul 'Ijo Royo-royo'. Kemudian dilanjutkan dengan album 'Indonesia I' (1998), 'Reformasi' (1998), 'Tak Gendong' (2003) dan 'Barang Baru' (2004).

Mbah Surip sebelumnya memang tidak begitu populer. Mungkin awalnya yang mengenal penyanyi ini hanya orang yang suka dengan yang nyentrik-nyentrik seperti penampilan rasta si Mbah ini. Tapi tahukah Anda kalau dia pernah juga main sebagai figuran di sinetron dan beberapa kali tampil di televisi dalam acara musik atau talk show. Dia juga pernah memegang rekor MURI untuk kategori menyanyi terlama (menyanyi selama 60 jam tahun 2005).

Dan sekarang ditahun 2009 ini lagu-lagu Mbah Surip dibeli hak pengelolaannya oleh Falcon Music. Yaitu perusahaan yang juga memiliki hak pemasaran beberapa lagu dari penyanyi/band tenar dan legendaris seperti Iwan Fals, Rhoma Irama, Ridho Rhoma 'Sonet2', Elvi Sukaesih, Koes Plus serta Bimbo.

Bersama Falcon, lagu 'Tak Gendong' Mbah Surip dipopulerkan kembali dengan dibuatkan video klip versi baru yang menyertakan bintang film tenar didalamnya, lalu klip lagu ini diputar diseluruh televisi. Dan... berhasil menjadi lagu yang paling dicari dan mudah diingat tua dan muda. Hasilnya lagu 'Tak Gendong' ini menurut Falcon telah menempati top 5 RBT (ring back tone) download pada seluruh jaringan operator telepon selular di Indonesia !. Lagu lama yang dulu kurang dikenal, kini menjadi populer dengan promosi yang gencar.

Kepopuleran Mbah Surip belakangan ini membuatnya rajin diundang acara dimana-mana. Di TV sering sekali kita melihat wajahnya dalam acara musik. Bahkan dalam diskusi politik selepas pilpres kemarin, si Mbah berusia 60 tahun ini juga diundang oleh salah satu stasiun TV untuk menyanyi dan ber-haa haa haa serta tak lupa ber- I Love You Full....

Menurut saya, Mbah Surip pantas menjadi salah satu icon musisi Indonesia yang mencapai sukses dengan proses yang panjang dan keras. Dan biasanya penyanyi seperti ini akan tahan lama dan terus dikenang. (sb-dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar